Sistem
Komputer adalah kumpulan
perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama
lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat menghasilkan
informasi yang diharapkan oleh penggunanya.Perangkat yang terdapat pada Sistem
Komputer diantaranya Hardware , Software
, dan Brainware. Antara hardware, software, dan brainware
mereka saling berhubungan satu dengan yang lain.
1.
HARDWARE ATAU PERANGKAT KERAS
Hardware
atau perangkat keras adalah suatu perangkat elektronik
yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh
secara fisik. Hardware sendiri terdiri dari komponen masukkan(input
device), Komponen alat pemroses (Processing device), Komponen alat keluaran
(output device) dan Komponen alat simpan (storage).
a. Alat masukan (input device) merupakan alat yang digunakan untuk menerima masukan
data Atau program. Contoh alat masukan (input device) adalah keyboard, pointing
device, scanner, sensor dan voice recognizer.
b. Alat Pemroses ( Processing
device) adalah Perangkat keras yang berguna untuk menerima
data dari perangkat input dan memproses data tersebut. Seperti Processor,
RAM, dan Northbride.
c. Alat keluaran (output) merupakan Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan
hasil dari data yang telah diolah oleh komputer, perangkat ini yang
menampilkan informasi kepada user atau pengguna, dapat
berupa hard copy ataupun soft copy. Seperti: Monitor, Proyektor, dan
Printer
d. Alat simpanan (storage) merupakan ragam jenis perangkat keras
penyimpanan yang dapat memuat berbagai informasi digital atau data
digital, baik yang bersifat sementara maupun permanen. Storage Device's
dibagi menjadi 2 type perangkat penyimpanan: Perangkat penyimpanan utama
(Primary) dan Perangkat penyimpanan sekunder (Secondary). Perangkat
penyimpanan utama (Primary): Umumnya berukuran lebih kecil, yang
dirancang untuk menyimpan data dan bersifat internal (terpasang di dalam
perangkat komputer), memiliki kecepatan akses data tercepat, diantaranya
seperti : EEPROM Chip (IC BIOS), RAM dan Memori Cache (Bridge) yang ditanam
dalam motherboard komputer. Perangkat penyimpanan sekunder
(Secondary): Ini biasanya memiliki kapasitas penyimpanan besar, dan
dapat menyimpan data secara permanen sesuai kebutuhan. Storage device's jenis
ini dapat berupa internal atau eksternal device untuk komputer, seperti; Hard
Disk Drive (HDD), Solid State Drive (SSD), Flash Disk Drive, Optical Disk
Drive (Diskette, CD/DVD), Memory Card dan lain sebgainya.
2.
SOFTWARE ATAU PERANGKAT LUNAK
Software atau
perangkat lunak adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh
komputer, data elektronik yang disimpan komputer dapat berupa program yang
berguna untuk menjalankan suatu perintah. Perangkat Lunak ini bersifat
tidak dapat dipegang, dalam penggunaannya pun perangkat lunak di
klasifikasikan menjadi :
a. Perangkat
Lunak Sistem Operasi (Operating System)
Perangkat lunak sistem
Operasi (Operating System) atau Perangkat lunak sistem (system Software) adalah sebuah istilah
generik pada sistem komputer sebagai pengontrol dan mangatur perangkat keras
(hardware) pada lapisan pertama. Dimana perangkat lunak atau software akan
membantu untuk memanajemen, memproses dan megelola perangkat keras agar
berjalan secara optimal. Ketika perangkat keras dinyalakan, maka perangkat
lunak sistem akan memproses sumberdaya, menajemen proses dan menggani strukdata
sebuah perangkat keras. Contoh System Software pada komputer seperti
Microsoft windows, IBM, Linux, apple, machintos dan lain lain, Contoh System
Software pada smartphone seperti android, blackberry OS, windows Phone,
syimbian, ios dan lain lain.
b. Perangkat
Lunak Sistem Bantuan
Perangkat
lunak utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu
proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah
komputer ataupun sistem. Perangkat lunak utilitas harus dibedakan dengan
perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai hal
dengan komputer seperti mengetik, melakukan permainan, merancang gambar, dan
lain-lain. Perangkat lunak utilitas lebih memfokuskan penggunaannya pada
pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer.
Karena fungsinya, perangkat lunak utilitas umumnya tidak ditujukan untuk
pengguna secara umum, melainkan ditujukan untuk pengguna yang memiliki
pemahaman atas cara kerja sistem komputer yang cukup baik. Contoh :
Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk menulis), Windows Media Player
(multimedia), Games, Calculator, Paint (menggambar) dan lain-lain.
c. Perangkat
Lunak Bahasa
Bahasa Pemrograman
atau Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman (Language
Software) merupakan Program yang digunakan untuk menerjemahkan
perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (Machine Language), sehingga dapat
diterima dan dimengerti oleh komputer.
Program
tersebut digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis pada
bahasa program ke bahasa mesin (Machine
Language). Bahasa Pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang Programmer agar dapat membangun
sebuah aplikasi atau Software dan
untuk membuat aplikasi tertentu maka digunakan juga bahasa Pemrograman yang
sesuai dengan kebutuhan.
Pada dasarnya bahasa komputer dapat dibedakan menjadi
empat macam, yaitu bahasa mesin dan bahasa assembly (Kedua bahasa ini termasuk bahasa tingkat rendah
/ Low level language),
Bahasa tingkat Tinggi (High level
language), serta Bahasa generasi keempat.
A. Bahasa
Tingkat Rendah (Low level language)
1) Bahasa
Mesin
Bahasa mesin termasuk kedalam bahasa tingkat rendah
(Low level language) karena sifat dari bahasa mein lebih
berorientasi pada mesin. Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu
sendiri. Bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang
ada didalam komputer yang biasanya diwakili oleh angka 1 (Satu) dan 0 (nol).
2) Bahasa Assembly
Bahasa Assembly adalah bahasa
pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan. Bahasa Assembly kebanyakan digunakan
untuk pengendalian Hardware yang
diwujudkan dalam kependekan kata-kata sebagai pengganti kode-kode biner,
misalnya JNZ (Jump non zero)
yang artinya lompatlah jika tidak sama dengan nol.
B. Bahasa Tingkat Tinggi (High level language)
Bahasa tingkat Tinggi
memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang karena
memang dirancang untuk orang yang awam. Bahasa pemrograman yang termasuk
kedalam bahasa tingkat tinggi adalah: JAVA,
C, PHP, Python, javascript, C#,
Objective-C, dan actionscript.
C. Bahasa Generasi ke-Empat Seperti Visual
Basic, C++ dan J#
D. Perangkat
Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi (Software Application) adalah suatu subkelas perangkat
lunak (software)
komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu
tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak
sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara
langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang
menguntungkan pengguna. Perangkat lunak aplikasi biasa digunakan oleh pemakai
untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik seperti mengetik dokumen,
memanipulasi foto, dan merancang rumah. Program pengolah kata,
contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, chiwritter, Word
Perfect, wordstar, K Writter, Amipro, dll. Program pengolah angka, contohnya
adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll.
Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org
Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dll. Program design
grafis, contohnya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad,
dll. Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer, Modzilla Firefox,
Opera, Netscape Communicator. Program database, contohnya adalah : Microsoft
Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.
Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dll. Program
multimedia, contohnya : Windows Media Player, winamp, Cyberlink, Real Player,
DVD Player
3. BRAINWARE
Brainware merupakan orang yang sering menggunakan atau
juga mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Sedangkan beberapa contoh
brainware ialah seperti programer, netter, serta para pengguna komputer atau
yang lainnya.Brainware ini juga sering disebut ialah sebagai perangkat
intelektual yang akan memakai atau juga menjelajahi kemampuan
hardware/perangkat keras serta juga software /perangkat lunak.
Komponen
software, hardware, dan brainware memiliki fungsi dan peran yang saling
mengikat satu dengan yang lainnya, sebagai contoh: ada komponen software
(sistem operasi linux misalnya) tapi tidak ada komponen harware.nya lalu mau di
taruh di mana komponen software tersebut. Ketika komponen software(linux)
di pasang pada perangkat keras(hardware) tetapi tidak ada brainware yg
menggunakan.nya maka sistem komputer tersebut tidak akan mencapai tujuan dari
suatu sistem komputer. Karena sistem komputer bertujuan untuk mempermudah kerja
manusia dan menghasilkan informasi untuk manusia.
No comments:
Post a Comment