Monday, 26 October 2020

Sistem Komputer

 Sistem Komputer adalah ​​ kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat​​ menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya.Perangkat yang terdapat pada Sistem Komputer diantaranya​​ Hardware​​ ,​​ Software ,​​ dan​​ Brainware. Antara hardware, software, dan brainware mereka saling berhubungan satu dengan yang lain.

1.      HARDWARE ATAU PERANGKAT KERAS 

Hardware atau perangkat keras adalah suatu perangkat elektronik yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Hardware sendiri terdiri dari komponen masukkan(input device),  Komponen alat pemroses (Processing device), Komponen alat keluaran (output device) dan Komponen alat simpan (storage).

a.       Alat masukan (input device)  merupakan alat yang digunakan untuk menerima masukan data Atau program. Contoh alat masukan (input device) adalah keyboard, pointing device, scanner, sensor dan voice recognizer.

b.       Alat Pemroses ( Processing device) adalah Perangkat keras yang berguna untuk menerima data dari perangkat input dan memproses data tersebut. Seperti Processor, RAM, dan Northbride.

c.       Alat keluaran (output) merupakan Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil dari data yang telah​​ diolah oleh komputer, perangkat ini yang menampilkan informasi kepada​​ user​​ atau​​ pengguna, dapat berupa hard copy ataupun soft copy. Seperti:​​ Monitor, Proyektor, dan Printer

d.       Alat simpanan (storage) merupakan ragam jenis perangkat keras penyimpanan yang dapat memuat berbagai  informasi digital atau data digital, baik yang bersifat sementara maupun permanen. Storage Device's dibagi menjadi 2 type perangkat penyimpanan: Perangkat penyimpanan utama (Primary) dan Perangkat penyimpanan sekunder (Secondary). Perangkat penyimpanan utama (Primary): Umumnya berukuran lebih kecil, yang dirancang untuk menyimpan data dan bersifat internal (terpasang di dalam perangkat komputer), memiliki kecepatan akses data tercepat, diantaranya seperti : EEPROM Chip (IC BIOS), RAM dan Memori Cache (Bridge) yang ditanam dalam motherboard komputer. Perangkat penyimpanan sekunder (Secondary): Ini biasanya memiliki kapasitas penyimpanan besar, dan dapat menyimpan data secara permanen sesuai kebutuhan. Storage device's jenis ini dapat berupa internal atau eksternal device untuk komputer, seperti; Hard Disk Drive (HDD), Solid State Drive (SSD),  Flash Disk Drive, Optical Disk Drive (Diskette, CD/DVD), Memory Card dan lain sebgainya.

 

2.       SOFTWARE​​ ATAU PERANGKAT LUNAK

 Software​​ atau perangkat lunak adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer dapat berupa program yang berguna untuk menjalankan​​ suatu perintah. Perangkat Lunak ini bersifat tidak dapat dipegang, dalam penggunaannya pun ​​ perangkat lunak di klasifikasikan menjadi :

a.​​ Perangkat Lunak Sistem Operasi (Operating System)

Perangkat lunak sistem Operasi (Operating System) atau Perangkat lunak sistem (system Software) adalah sebuah istilah generik pada sistem komputer sebagai pengontrol dan mangatur perangkat keras (hardware) pada lapisan pertama. Dimana perangkat lunak atau software akan membantu untuk memanajemen, memproses dan megelola perangkat keras agar berjalan secara optimal. Ketika perangkat keras dinyalakan, maka perangkat lunak sistem akan memproses sumberdaya, menajemen proses dan menggani strukdata sebuah perangkat keras.  Contoh System Software pada komputer seperti Microsoft windows, IBM, Linux, apple, machintos dan lain lain, Contoh System Software pada smartphone seperti android, blackberry OS, windows Phone, syimbian, ios dan lain lain.

b. Perangkat Lunak Sistem Bantuan

Perangkat lunak utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Perangkat lunak utilitas harus dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai hal dengan komputer seperti mengetik, melakukan permainan, merancang gambar, dan lain-lain. Perangkat lunak utilitas lebih memfokuskan penggunaannya pada pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Karena fungsinya, perangkat lunak utilitas umumnya tidak ditujukan untuk pengguna secara umum, melainkan ditujukan untuk pengguna yang memiliki pemahaman atas cara kerja sistem komputer yang cukup baik. Contoh : Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk menulis), Windows Media Player (multimedia), Games, Calculator, Paint (menggambar) dan lain-lain.

c. Perangkat Lunak Bahasa

Bahasa Pemrograman atau Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman (Language Software) merupakan Program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (Machine Language), sehingga dapat diterima dan dimengerti oleh komputer.

            Program tersebut digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis pada bahasa program ke bahasa mesin (Machine Language). Bahasa Pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang Programmer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau Software dan untuk membuat aplikasi tertentu maka digunakan juga bahasa Pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan.

Pada dasarnya bahasa komputer dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu bahasa mesin dan bahasa assembly (Kedua bahasa ini termasuk bahasa tingkat rendah / Low level language), Bahasa tingkat Tinggi (High level language), serta Bahasa generasi keempat.

A.      Bahasa Tingkat Rendah (Low level language)

1)      Bahasa Mesin

Bahasa mesin termasuk kedalam bahasa tingkat rendah (Low level language)  karena sifat dari bahasa mein lebih berorientasi pada mesin. Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu sendiri. Bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang ada didalam komputer yang biasanya diwakili oleh angka 1 (Satu) dan 0 (nol).

2)      Bahasa Assembly

Bahasa Assembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan. Bahasa Assembly kebanyakan digunakan untuk pengendalian Hardware yang diwujudkan dalam kependekan kata-kata sebagai pengganti kode-kode biner, misalnya JNZ (Jump non zero) yang artinya lompatlah jika tidak sama dengan nol.

 

B.      Bahasa Tingkat Tinggi (High level language)

Bahasa tingkat Tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang karena memang dirancang untuk orang yang awam. Bahasa pemrograman yang termasuk kedalam bahasa tingkat tinggi adalah: JAVA, C, PHP, Python, javascript, C#, Objective-C, dan actionscript.

C.       Bahasa Generasi ke-Empat Seperti Visual Basic, C++ dan J#

D.​​ Perangkat Lunak Aplikasi 

Perangkat lunak aplikasi (Software Application) adalah suatu subkelas perangkat lunak (software) komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Perangkat lunak aplikasi biasa digunakan oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik seperti mengetik dokumen, memanipulasi foto, dan merancang rumah. Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, chiwritter, Word Perfect, wordstar, K Writter, Amipro, dll. Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll. Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dll. Program design grafis, contohnya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll. Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer, Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator. Program database, contohnya adalah : Microsoft Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll. Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dll. Program multimedia, contohnya : Windows Media Player, winamp, Cyberlink, Real Player, DVD Player

 

 

3. BRAINWARE

 Brainware merupakan orang yang sering menggunakan atau juga mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Sedangkan beberapa contoh brainware ialah seperti programer, netter, serta para pengguna komputer atau yang lainnya.Brainware ini juga sering disebut ialah sebagai perangkat intelektual yang akan memakai atau juga menjelajahi kemampuan hardware/perangkat keras serta juga software /perangkat lunak.

 

 

 Komponen software, hardware, dan brainware memiliki fungsi dan peran yang saling mengikat satu dengan yang lainnya, sebagai contoh: ada komponen software (sistem operasi linux misalnya) tapi tidak ada komponen harware.nya lalu mau di taruh di mana komponen software tersebut.  Ketika komponen software(linux) di pasang pada perangkat keras(hardware) tetapi tidak ada brainware yg menggunakan.nya maka sistem komputer tersebut tidak akan mencapai tujuan dari suatu sistem komputer. Karena sistem komputer bertujuan untuk mempermudah kerja manusia dan menghasilkan informasi untuk manusia.

 


No comments:

Post a Comment