Monday, 23 November 2020

DISKUSI 3 SI(STRATEGI UMUM MENGHADAPI PESAING)

 Tiga strategi umum yang biasanya digunakan perusahaan dalam menghadapi pesaing-pesaingnya menurut Porter(1985) dengan mengacu pada modul 4 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434)


1. Cost Leaderhip Strategy

Suatu sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat mencapai posisi sebagai produsen dengan biaya terendah dalam industri dengan cara;

a. Menurunkan secara drastis biaya proses bisnis dengan melakukan rekayasa proses bisnis

b. Menurunkan biaya dari pemasok

c. Menurunkan biaya ke pelanggan

Contoh: ketika saya mempunyai suatu perusahaan yang buka cabang di kota lain saya akan mencari bahan baku produksi dari daerah cabang (jika memungkinkan) karena dengan menggunakan bahan baku di daerah lokal maka saya tidak harus mengeluarkan biaya pengiriman bahan baku sehingga saya bisa menjual product saya dengan harga yang lebih rendah dibanding dari produsen lain dengan tetap mendapatkan profit

2. Differentiation Strategy

 Suatu sistem informasi harus dapat menyediakan product atau jasa yang berbeda atau unik dengan nilai yang lebih besar kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing. Dengan cara menggunakan teknologi informasi untuk membuat product atau jasa yang berbeda dan menggunakan teknologi informasi untuk mengurangi diferensiasi dari pesain

Contoh. Perusahaan retail menjual semua barang mulai dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier dengan harga grosir dan menyediakan jasa delivery dan pemesanan by aplikasi (online order) dan juga WA order.

3. Focus Strategy

 Suatu sistem informasi harus dapat membantu perusahaan memfokuskan pada product atau jasa khusus di suatu niche khusus dalam organisasi

Contoh. Dalam perusahaan retail terdapat beberapa tipe customer antara lain End user, Retail, Horeka, dan Trader dengan target sales 5% Trader, 60% Retail, 20% Horeka, 15% End user. Si perusahaan retail ini berfokus pada Retail atau biasa di sebut dengan profesional customers

No comments:

Post a Comment