Tuesday, 17 November 2020

diskusi 8 PAI

 

Coba anda jelaskan tentang pengertian politik , dan anda kaitkan dengan agama !

Politik secara umum diartikan dengan cara atau taktik untuk mencapai satu tujuan. Politik secara umum berhubungan dengan berbagai cara dalam pencapaian tujuan hidup manusia. Sedangkan secara khusus penekanannya kepada kekuasaan dan pemerintahan.

Prinsip dasar kekuasaan politik dijelaskan dalam QS an-nisa' ayat ke 58 59

إِنَّ ٱللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَن تُؤَدُّوا۟ ٱلْأَمَٰنَٰتِ إِلَىٰٓ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُم بَيْنَ ٱلنَّاسِ أَن تَحْكُمُوا۟ بِٱلْعَدْلِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُم بِهِۦٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ سَمِيعًۢا بَصِيرًا

Terjemah Arti: Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

 Konsep yg di ajarkan dalam al-quran ada 4 point

1.kewajiban untuk menunaikan ibadah. QS al-baqarah 151

2. Perintah untuk menetapkan hukum yang adil. An-nisa' 105 dan dilarang mengikuti hawa nafsu seperti di jelaskan dalam QS AL- Maai'dah 48 49

3. Perintah untuk taat kepada allah , rasul, dan ulil amri "hai orang-orang yang beriman taatilah allah dan rasul nya dan ulil amri diantara kamu"

4. Perintah untuk kembali pada Al-quran dan as-sunnah. QS al-Maa'idah ayat 3 dan  QS al an'am ayat 38

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ ٱلْمَيْتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحْمُ ٱلْخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيْرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلْمُنْخَنِقَةُ وَٱلْمَوْقُوذَةُ وَٱلْمُتَرَدِّيَةُ وَٱلنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى ٱلنُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُوا۟ بِٱلْأَزْلَٰمِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ ٱلْيَوْمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِن دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَٱخْشَوْنِ ۚ ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا ۚ فَمَنِ ٱضْطُرَّ فِى مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

 

Terjemah Arti: Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

 

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ وَلَا طَٰٓئِرٍ يَطِيرُ بِجَنَاحَيْهِ إِلَّآ أُمَمٌ أَمْثَالُكُم ۚ مَّا فَرَّطْنَا فِى ٱلْكِتَٰبِ مِن شَىْءٍ ۚ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يُحْشَرُونَ

Terjemah Arti: Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.

 


Apa makna bahwa agama adalah fitrah dari Allah SWT ?

Berdasarkan Ar.rum ayat 30

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا ۚ فِطْرَتَ ٱللَّهِ ٱلَّتِى فَطَرَ ٱلنَّاسَ عَلَيْهَا ۚ لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ ٱللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

 

Terjemah Arti: Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,

 

Ayat diatas menyatakan bahwa agama Islam adalah agama fitrah. Artinya agama

Itu dirancang oleh Allah Swt sesuai dengan fitrah atau sifat asli kejadian manusia.

(Raharjo, 2002:117) Dengan demikian, pada diri manusia sudah melekat (menyatu) satu

Potensi kebenaran (dinnullah). Jika potensinya ini digunakan, ia akan senantiasa berjalan

Di atas jalan yang lurus. Karena Allah Swt telah membimbingnya semenjak dalam alam

Ruh (dalam kandungan). Potensi ruhiyah ialah potensi yang dilekatkan pada hati nurani

Untuk membedakan dan memilih jalan yang hak dan yang batil, jalan menuju ketaqwaan

Dan jalan menuju kedurhakaan. Bentuk dari ruh ini sendiri pada hakikatnya tidak dapat

Dijelaskan. Potensi ini terdapat pada surat Asy-Syams ayat 7-8

 وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّىٰهَا

 

Terjemah Arti: Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya),

 

  

Apa hubungan agama dengan tanggung jawab manusia ?

 Manusia dilahirkan mempunyai segalanya, seperti pikiran dan nafsu. Manusia dapat melakukan apa saja di dunia ini, dengan mengambil suatu keputusan yang menurutnya benar, tetapi dibalik semua itu pasti ada dampak baik dan buruknya oleh karena itu dibutuhkannya sifat bertanggung jawab pada manusia. Tanggung jawab adalah sebuah bentuk bukti dimana kita sebagai individu bertanggung jawab atas segala tindakan dan keputusan yang kita lakukan, baik dan buruk harus kita pertanggung jawabkan.  

Al-Quran, kitab suci yang sangat sempurna, telah memuat bagaimana Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan tentang proses penciptaan manusia dengan begitu jelas, sejak dari bentuk nuthfah sampai menjadi manusia sempurna. Demikian agung dan besar kekuasaan Allah, dan ilmu pengetahuan modern telah membuktikan kebenaran Al-Quran yang diturunkan 15 abad yang lalu tersebut.

 

 


Al-quran mengajarkan bahwa setiap muslim harus menjalin persudaraan, kepada pihak siapa saja persaudaraan tersebut harus di jalin ? Jelaskan !

Persaudaraan wajib dijalankan oleh sesama Muslim. Dalam QS. Al-Hujurat/49: 10

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

 

Terjemah Arti: Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

 

ditegaskan bahwa orang-orang mukmin adalah bersaudara. Kita tidak boleh salingmelecehkan dan menghina, sesama orang yang beriman tidak boleh saling berprasangkaburuk dan meng-ghibah, saling tolong menolong, dan menegakkan perdamaian.Persaudaraan tidak hanya dilakukan dengan yang seagama melainkan juga dengan yangberbeda agama. Kita semua bersaudara dan kita harus bertoleransi kepada sesama umatmanusia.Walaupun kita berbeda agama tetapi kita sama-sama tercipta oleh Tuhan danmakhluk ciptaan Tuhan.

 



Al-quran mengajarkan bahwa setiap muslim harus menjalin persudaraan, kepada pihak siapa saja persaudaraan tersebut harus di jalin ? Jelaskan !

Hadits Tentang Persaudaraan Riwayat al Bukhori 1.      Persaudaraan bagaikan satu badan عن النعما ن بن بشير رضى الله عنهما قا ل : قا ل رسو ل الله صلى الله عليه وسلم :
تر ى المؤ منين فى تراحمهم وتوا دهم وتعا طفهم كمثل الجسد اذا اشتكى عضو تداعى
سا ئر جسده بالسهر و الحمى . (اخرجه البخارى : كتاب الأدب : – باب رحمة الناس والبهائم
 Artinya : “An-Nu’man bin Basyir berkata, Nabi SAW. Bersabda, ‘Anda akan melihat kaum mukminin dalam kasih sayang dan cinta-mencintai, pergaulan mereka bagaikan satu badan, jika satu anggotanya sakit, maka menjalarlah kepada lain-lain anggota lainnya sehingga badannya terasa panas dan tidak dapat tidur.” H.R. Bukhori[2] 2.      Persaudaraan memperpanjang usia dan rejeki أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ Artinya “Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali persaudaraan” (H.R. Bukhari-Muslim).[3] 3.      Larangan Memutuskan Silaturahmi حَدِيثُ أَبُو أَيُّوبَ الأَنْصَارِيِّ / أَنَّ رَسُولُ صلى الله عليه وسلم قَالَ : لا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ / أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلاثٍ / يَلْتَقِيَانِ فَيَصُدُّ هَذَا وَيَصُدُّ هَذَا / وَخَيْرُهُمَا الَّذِى يَبْدَأُ بِالسَّلامِ. (اخرجه البخا ري فى : ۷۸- كتاب الأدب : ٦۲- باب الهجرة وقول رَسُولُ صلى الله عليه وسلم : لا يحل لِمُسْلِمٍ أن يهجر أخاه فوق ثلاث) Artinya “Abu Ayyub Al-Anshari r.a berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak dihalalkan bagi seorang muslim memusuhi saudaranya lebih dari tiga hari sehingga jika bertemu saling berpaling muka, dan sebaik-baik keduanya adalah yang mendahului memberi salam.” (Dikeluarkan oleh Imam Bukhari : (78) kitab “Tata Krama” (27) bab : “Hijrah dan ucapan Rasulullah SAW, tidak halal bagi seorang laki-laki menghindari saudaranya lebih tiga hari.” )[4]

Hadits Tentang Persaudaraan Riwayat Muslim Seorang muslim itu adalah saudara bagi muslim yang lain عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : لاَ تَحَاسَدُوا وَلاَ تَنَاجَشُوا وَلاَ تَبَاغَضُوا وَلاَ تَدَابَرُوا وَلاَ يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ وَكُوْنُوا عِبَادَ اللهِ إِخْوَاناً . الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يَخْذُلُهُ وَلاَ يَكْذِبُهُ وَلاَ يَحْقِرُهُ . التَّقْوَى هَهُنَا -وَيُشِيْرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ - بِحَسَبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ، كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَمَالُهُ وَعِرْضُهُ [رواه مسلم] Dari Abu Hurairah "Kamu sekalian, satu sama lain Janganlah saling mendengki, saling menipu, saling membenci, saling menjauhi dan janganlah membeli barang yang sedang ditawar orang lain. Dan jadilah kamu sekalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim itu adalah saudara bagi muslim yang lain, maka tidak boleh menzhaliminya, menelantarkannya, mendustainya dan menghinakannya. Taqwa itu ada di sini (seraya menunjuk dada beliau tiga kali). Seseorang telah dikatakan berbuat jahat jika ia menghina saudaranya sesama muslim. Setiap muslim haram darahnya bagi muslim yang lain, demikian juga harta dan kehormatannya". HR. Muslim[5]
Hadits Tentang Persaudaraan Riwayat Abu Daud Dua Muslim Berjabat Tangan عن البراء قال قال رسول الله صلى اللهم عليه وسلم ما من مسلمين يلتقيان فيتصافحان إلا غفر لهما قبل أن يفترقا Artinya “Setiap dua orang muslim bertemu dan berjabat tangan nescaya diampunkan dosa keduanya sebelum mereka berpisah” (Riwayat Abu Daud)[6]

 



Jelaskan bagaimana langkah kita untuk membangun persaudaraan dan toleransi di antara Sesama muslim dan Non Muslim ?

Sesama muslim :

·         Menjalin kerukunan antar umat Islam

·         Ber silaturahmi

·         Saling menasehati dlm kebaikan

·         dan saling bersilaturahmi untuk menjaga hubungan baik antara sesama umat muslim dan saling mengasihi

·         saling menasehati untuk kebaikan

·         mengingatkan keburukan agar menjadi pribadi yang lebih baik

·         Menjaga persaudaraan

Non Muslim :

·         Tidak memaksakan untuk menganut agama Islam

·         Menghargai perbedaan agama

·         bertoleransi dalam beribadah. Bertoleransi dlm ibadah yg maksudnya adalah tidak memaksakan orang lain untuk beribadah dan menganut agama Islam dan saling mengasihi

·         saling mengingatkan untuk beribadah

·         tidak menggangu saat orang yang berbeda agama melaksanakan ibadah nya

·         menghormati sesama umat beragama. menghargai dan menghormati sesama umat manusia, baik muslim atau no. Muslim , karena mereka adalah sama, sama2 mahluk Allah

 

No comments:

Post a Comment